Kamis, 03 Juni 2010

Pembangkit Listrik Mikrohidro

DDENGAN MEMANFAATKAN KINCIR BERARTI KITA CINTA LINGKUNGAN DAN HEMAT ENERGI

Berikut ini foto beberapa PLMH (Pembangkit Listrik Mikro Hidro) yang ada di Pekandangan, seluruhnya ada 8 unit mulai dari kapasitas terkecil 200 Watt hingga terbesar 8000 Watt. Kampung  Pekandangan bisa juga dijuluki sebagai Kampung Kincir .


Pada sekitar awal Mei 2010 kincir ini tergerus banjir bandang Way Seputih. Foto di bidik pada saat warga umbul sendang (dusun 2) tengah keridan atau kerjabakti memperbaiki kincir tersebut.Kincir ini merupakan kincir dengan kapasitas daya terpasang terbesar yaitu 8000 Watt mampu menerangi kurang lebih 20 rumah warga Umbul Sendang





warga yang Keridan tengah beristirahat. tampak latar belakang aliran Sungai Way Seputih  yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Provinsi Lampung .


Kincir ini berada di aliran sungai Way Kijang tepatnya di belakang rumah Bapak Sujari (ketua LPMK) dusun 3 Way Kijang, berkapasitas 1000 watt.


                              Kincir ini berkapasitas 5000 Watt berada di hulu sungai Way Kijang (dusun 3) 




            Inilah kincir terkecil yang memeiliki kapasitas 200 Watt, dipergunakan hanya untuk  2 rumah saja, bahan kincirnya pun terbuat dari bilah bambu, Tampak air terlihat begitu deras menyembur dari pipa paralon 3 inchi. kreatifitas dan cinta lingkungan memang  merupakan ciri warga Pekandangan.


      
Kincir ini berkapasitas 5000 Watt, bahan kincir terbuat dari bilah besi di las sedemikian rupa.Pembuatan secara suadaya murni masyarakat menghabiskan dana sekitar 6 juta rupiah.Berada sekitar hulu sungai Way Kijang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar